Ramadhan Day 10

Ilmunya Orang Gila
-
Jika benar yang kau katakan itu bahwa “Orang yang berpuasa harus menghormati orang yang tidak puasa dan orang yang sholat menghormati orang yang tidak sholat? ” Mengapa tidak kau katakan “Orang yang berzina harus menghormati orang yang tidak berzina?”

Sungguh apa yang kau katakan itu tidak kau dasari dengan ilmu. Kau tahu bagaimana menjadi orang yang tidak berilmu itu. Iya, seperti orang gila yang tak tahu tujuan hidup.

Akan aku ceritakan satu atau dua kisah agar kau dapat menangkap maksudku.
Suatu ketika ada orang gila yang sedang berjalan menuju masjid. Pukul 03.00 pagi, ia mengumandangkan adzan subuh dan sholat tujuh rakaat.
Penjaga masjid yang mengetahui itu langsung menghampirinya.
“Hai pergi kau dari sini, ini. Dasar orang gila!” usir si penjaga masjid dengan nada membentak.
-
Lalu orang gila itu pergi. Pukul 04.30, di jalan ia bertemu dengan pak haji
-
“Pak Haji, mau kemana pagi-pagi begini”
“Saya mau sholat subuh berjamaah di masjid” kata Pak Haji.
-
“Kalau boleh saya tahu, pak haji sholat berapa rakaat?
-
“Dua rakaat”
-
“Saya kasih tahu, jangan sholat di situ Pak Haji!
-
“Memangnya kenapa, sholat berjamaah itu lebih utama!”
-
“Saya tahu itu Pak Haji, pahalanya dua puluh tujuh derajat kan? Tapi Pak Haji juga harus tahu, saya yang sholat tujuh rakaat saja diusir oleh penjaga masjid, apalagi Pak Haji yang cuma dua rakaat. ” kata orang gila itu sambil berlalu meninggalkan Pak Haji.
-
Pak haji hanya berucap “Naudzubillah”
-
Begitulah salah satu contoh orang yang tak berilmu. Masihkah kita malas-malasan menuntut ilmu?
***

El
Bekasi 15062016
Materi Kultum Dzuhur

Related Posts:

Belum ada tanggapan untuk "Ramadhan Day 10"

Post a Comment

Yuk, kasih komentar kalian di sini!