AKU INI TAK PANTAS KAU TIRU

Aku terkadang merasa malu saat sholat terawih hanya memakai celana dan kaos biasa.
-
Sebentar lagi Isya', orang-orang sudah bersiap datang ke masjid. Sedangkan aku masih santai-santai saja di kostan. Adzan selesai, dilanjutkan iqomah. Baru aku berbondong-bondong datang ke masjid, dengan pakaian yang sederhana. 

Namun tetap syar'i. Aku hanya mengenakan celana panjang polos berkain kain tipis, dipadu kaos oblong berlengan pendek. 

Kupakai peci hitam bermotif batik warna hijau di kepala. Dengan tergopoh-gopoh datang ke masjid. Lalu mengambil air wudlu. Asal kau tahu, kau bisa dengan mudah menemukanku saat sholat terawih. Aku berada pada shaf yang paling belakang, pojok dekat kipas angin. Selalu begitu.
-
Hal ini aku lakukan bukan karena tanpa alasan. Mungkin satu hal yang belum kau tahu adalah suhu udara di sini begitu panas. Lima derajat lebih panas dari kota asalku. Tak perlu menunggu besok pagi untuk menjemur pakaian. Cucian bisa kering dalam semalam. 

Satu hal yang harus kau tahu, kau tidak akan bisa tidur dengan tanpa kipas angin. Jadi harus ada hembusan udara yang selalu meniupi badan yang gerah ini. 

Artinya kipas angin harus berputar tanpa henti semalaman. Jika tidak, aku menjamin kau tidak akan bisa tidur dengan nyenyak. Aku memaklumi itu.
-
Aku harap orang -orang juga memaklumiku, saat aku telat datang ke masjid. Mencari shaf paling belakang. Dekat dengan kipas.

Walaupun masjid tak penuh, jamaah juga tidak perlu berdesakan untuk bisa sholat. Tapi udara di sini tak kalah panasnya. Kau mungkin tak menyangka bahwa orang-orang yang tak mendapatkan tempat yang strategis(Pojok dekat kipas angin) akan merasa kegerahan. 

Bahkan, keringat mereka merembes kebajunya. Tak jarang aku melihat punggung orang yang sholat di shaf depan basah karena keringat. 

Oleh karena itu aku hanya memakai celana dan kaos tipis saat terawih. Sedangkan kebanyakan dari mereka memakai sarung dan baju koko. Nyaris tidak ada orang yang berpakaian sama sepertiku. 

Terkadang aku juga malu pada diriku juga orang sekitarku. Saat bersalaman dengan para jamaah setelah terawih selesai, maka aku hanya menundukkan kepala dan membungkukkan badan sambil menyalami mereka. Berharap orang-orang tidak mengenaliku.
****

El 14062016
‪#‎Bekasi‬

Related Posts:

Belum ada tanggapan untuk "AKU INI TAK PANTAS KAU TIRU"

Post a Comment

Yuk, kasih komentar kalian di sini!